Waktu

SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA

Tips Pencarian di Search Engine


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh....

Artikel kali ini  cocok banget buat kalian yang seneng berselancar di dunia Internet, yang bakalan menguras dan menghabiskan waktu yang begitu lama, contonya seperti saya ini.

Dalam pembahasan di artikel kali ini kalian mungkin sudah tida asing lagi dengan namanya Search Enginer atau biasa saya kenal dengan Mesin Pencarian.

Di internet, terdapat ribuan Search Enginer yang dapat kalian akses secara Free alias Gratis. Karena Fungsi dari Search Enginer hampir sama fungsinya dengan Gerbang bagi yang akan memasuki situs web tertentu, Kebanyakan orang menyebut Search Enginer merupakan sebuah portal pertama untuk menuju dunia Tanpa batas terkecuali buat kalian yang gak bisa akses internet alias gak konek ke internet.

Di dunia Internet terdapat banyak Search Enginer, meski semuanya memiliki fungsi yang sama, akan tetapi setiap Search Enginer memiliki Karakteristik yang berbeda. Hal yang membedakan antara Search Enginer satu dengan yang lain di antaranya yaitu kecepatan pencarian, ketepatan informasi, kuantitas situs yang dicari, tekhnik pencarian, dan format hasil pencarian. untuk mempermudah pembelajarannya saya sarankan menggunakan Search Enginer Google, alesannya karena praktis dan sudah menjadi umum sering di gunakan orang banyak.

Untuk melakukan Search Enginer / Sebuah Pencarian ada dua tekhnik dasar yang bisa kalian pergunakan yaitu menggunakan simbol matematika dan simbol Boolean.

1. Menyaring Dengan Simbol Matematika
Simbol yang sangat berguna untuk melakukan Search Enginer / Pencarian dengan menggunaka simbol matematika yang bisa kalian pergunakan yaitu tanda plus (+). Jika kalian ingin mencari sebuah dokumen yang memiliki kata kunci yang banyak kalian bisa menggunakan simbol plus (+). Contohnya, Jika kalian akan mencari tentang " Cara membuat kerajinan dari Bambu" maka kalian ketikan seperti ini " +cara +membuat + kerajinan +dari +bambu " tanpa tanda petik.

Saat mesin Pencarian menerima sebuah format seperti itu, mesin pencarian akan mencari berbagai documen maupun artikel yang memuat kata optimasi,search, dan enginer di seluruh jaringan internet. yang dimana jika di antara salah satu kata tidak ada maka search enginer tidak akan menampilkan dokumen dan artikel tersebut. Contoh lainya, semisal kalian akan mencari " tips trik belajar komputer" berarti yang di masukan kata kuncinya yaitu " +tips +trik +belajar +komputer" sama tanpa tanda petik. Cara ini jauh lebih efektif daripada hanya menggunakan kata kunci belajar komputer, tips komputer, komputer atau tips saja, yang akan menghasilkan berupa jutaan link ke situs yang mengandung kata-kata tersebut.

Simbol plus (+) dapat digunakan sebanyak-banyaknya karena prinsip yang sering digunakan dalam pencarian di internet adalah semakin sefesipik yang dicari (semakin banyak menggunakan tanda plus +) berarti semakin baik pula suatu pencarian dan dengan adanya kata kunci yang sefesifik maka hasil yang akan di tampilak oleh Search Enginer secara lebih terpokus.

2. Menyaring dengan simbol Boolean
Simbol-simbol yang digunakan banyak orang-orang yang memiliki latar belakang ilmu komputer ataou yang terbiasa mengakses sistem basis data (database) konvensional.

Simbol Boolean memiliki kelebihan yaitu dapat merepresentasikan jenis pencarian yang tergolong kompleks karena memiliki simbol-simbol tambahan. berikut ini simbol-simbol penting yang sering digunakan untuk membantu proses pencarian kalian.

a. OR
    OR memiliki arti "Atau" dalam bahasa Indonesia. Simbol ini bekerja dengan cara sama dengan karakter spasi pada simbol matematika. Sebagai conto, kalian aka mencari dengan kata kunci "Kepuloan OR nusantara" Maka Mesin Pencarian/Search Enginer secara langsung akan mencari seluruh dokumen yang berkaitan dengan kata kunci Kepulouan, Nusantara atau pun keduanya.Suatu saat jika simbol OR di gunakan beberapa kali dalam melakukan penelusuran, pencarian/Search Enginer, maka hasil yang akan keluar yaitu daftar dokumen yang memiliki satu kata atau lebih sesuai katakunci yang kalian masukan. bisa kalian lihat sebagai conto, "Raja OR Presiden OR Pemimpin Or Kerajaan" 

b. AND
    Simbol AND memiliki fungsi kurang lebih hampirsama dengan simbol Plus (+) pada simbol matematika. Yang apabila di terjemahkan memiliki arti "dan" dalam bahasa Indonesia. Contoh penggunaan simbol ini "Ilmu AND Pengetahuan AND Alam" Mesin Pencarian/ Search Enginer akan mencari seluruh documen di internet yang memuat tiga kata kunci yang kalian masukan yaitu sebagai conto saya masukan Ilmu, Pengetahuan dan Alam di dalamnya.

c. NOT   
   Simbol NOT memiliki fungsi kuranglebih hampirsama dengan tanda Minus (-) yaitu untuk merepresentasikan kecuali, pada simbol Matematika. perhatikan sebagao contoh " Rendang NOT Garut " dengan kata kunci seperti contoh ini merupakan perintah agar Search Enginer / Mesin Pencarian mencari halaman yang mengandung kata " Rendang " yang di dalamnya tidak terdapat kata "Garut" pada halaman tersebut.

d. NEAR
    Simbol NEAR merupakan sebuah perintah dalam Simbol Boolean yang tidak diketemukan pada dalam simbol matematika. Fungsi perintah ini cukup unik. Agar kalian bisa mendapat gambaran mengenai Simbol ini bisa kalian simak sebagai contoh " Sekolah NEAR Garut " perintah ini akan menginstruksikan mesin pencarian/Search Enginer untuk mencari dokumen yang mengandung kata kunci "sekolah" dan " Garut" dengan jarak berdekatan dengan kata kunci yang kalian masukan di Mesin pencariam / search enginer

Dengan kata lain, Search Enginer / mesin Pencarian akan mencari dokumen yang memuat kalimat seperti " Sebuah sekolah di Garut yang mendapatkan bantuan dari Pemerintah" atau " Seorang siswa sekolah Negri di Garut di temukan sedang bolos" dan masih banyak lagi. Karena jarak antara kata "sekolah" dan "Garut" pada kalimat tersebut relatif cukkup berdekatan. Kriteria tiap masing-masing Search Enginer biasanya berbeda-beda.

Sekian pembahasan mengenai Tips Pencarian di Search Enginer / Mesin Pencarian di Dunia Internet, semoga bermanfaat.
Share this article :
+
Previous
Next Post »

2 comments


EmoticonEmoticon